Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018

Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018

Pendidikan Profesi Guru atau biasa disingkat PPG merupakan pendidikan tinggi yang ditempuh oleh sarjana untuk memenuhi kualifikasi sebagai guru profesional. Adapun setelah lulus PPG, peserta berhak memperoleh sertifikat pendidik. Program ini adalah implementasi dari telah disahkannya UU nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Lulusan PPG diharapkan mampu menjadi guru yang profesional menyambut generasi emas Indonesia tahun 2045.
Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018
Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG Tahun 2018

Program Profesi Guru terdiri dari PPG pra jabatan dan PPG dalam jabatan. PPG pra jabatan ditujukan kepada para sarjana yang ingin menjadi guru, namun belum mengajar secara resmi di sekolah. Sementara PPG dalam jabatan ditujukan kepada para guru yang sudah mengajar di sekolah.
Saat ini sedang persiapan penetapan peserta PPG Dalam Jabatan sebagai kelanjutan dari pretes PPG.

Guru yang lulus pretest selanjutnya wajib melengkapi persyaratan administrasi dengan mengirimkan berkas ke dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/ kota untuk dilakukan verifikasi dan validasi sesuai dengan persyaratan. Bagi guru TK (Taman Kanak- Kanak) /SD (Sekolah Dasar) /SMP (Sekolah Menengah Pertama) pengiriman berkas ke Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dan guru SLB (Sekolah Luar Biasa)/ SMA (Sekolah Menengah Atas) /SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) berkas dikirimkan ke Dinas Pendidikan Provinsi, paling lambat diterima Dinas Pendidikan pada tanggal 2 Februari 2018.

Setelah melakukan pengiriman berkas, guru yang lulus pretest menunggu proses verifikasi berkas. Berikut ini alur verifikasi berkas calon peserta PPG dalam jabatan tahun 2018.
Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018
Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG dalam Jabatan Tahun 2018

Verifikasi berkas dimulai bagi guru yang sudah memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dengan mengumpulkan berkas verifikasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota atau Dinas Pendidikan Provinsi masing- masing daerah sesuai jenjang tempat tugas. Bagi yang belum memiliki NUPTK menunggu NUPTK diterbitkan oleh yang berwenang.

Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota atau Dinas Pendidikan Provinsi melakukan verifikasi berkas dan pembaruhan data sesuai berkas fisik. Berkas yang memenuhi persyaratan dan disetujui akan dikirim ke LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) masing- masing provinsi.

LPMP memeriksa ulang kelengkapan berkas dan linieritas Program Studi PPG dengan Program Studi S1. Bila perlu pembaruhan data, berkas akan dikembalikan ke dinas untuk revisi oleh dinas. Jika memenuhi persyaratan dan disetujui berarti berkas calon peserta sudah tuntas melalui tahap verifikasi berkas dan mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Berdasar hasil tahap verifikasi penetapan calon peserta PPG, GTK melakukan evaluasi kuota dan ketersedian Prodi LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk menetapkan calon peserta yang dapat mengikuti PPG Dalam Jabatan Tahun 2018.

Untuk mengetahui perjalanan berkas dalam tahap verifikasi dipergunakan istilah status verifikasi. Status verifikasi adalah posisi tahap verifikasi dalam alur verifikasi berkas. Ditandai dengan angka.
  1. Belum mengumpulkan berkas
  2. Berkas sudah dicatat
  3. Dikembalikan ke Dinas
  4. Verifikasi Dinas Dihapus
  5. Verifikasi Dinas Disetujui
  6. Verifikasi LPMP Dihapus
  7. Verifikasi LPMP Disetujui
Sumber : http://ap2sg.sertifikasiguru.id/pub/index.php
Demikian informasi mengenai Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018  Semoga bermanfaat. Terimakasih.


0 Response to "Alur Verifikasi Berkas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018"

Posting Komentar