Cara Cetak Kartu UTN/UKG Ulang 1 dan 3 Tahun 2018

Cetak kartu UTN/UKG ulang 1 dan 3 Tahun 2018 sudah dapat dilakukan secara mandiri oleh Peserta PLPG 2016 dan 2017 yang belum lulus UTN (Ujian Tulis Nasional). Seperti Bapak/Ibu ketahui, pelaksanaan PLPG 2017 telah berakhir, dan informasi kelulusan dapat dilihat melalui halaman publik masing- masing LPTK penyelenggara.
Cara Cetak Kartu UTN/UKG Ulang 1 dan 3 Tahun 2018
Kartu Peserta UKG/UTN Ulang 1 dan 3 Tahun 2018

Untuk yang belum lulus UTN, diberikan kesempatan mengulang sebanyak 4 kali. Mungkin masih ada yang penasaran, sebenarnya program sertifikasi guru yang dicanangkan oleh pemerintah tujuannya untuk apa. Nah ada baiknya kita kupas terlebih dahulu definisi sertifikasi guru, dan dasar hukumnya.

Sertifikasi guru adalah sebuah upaya pemerintah dalam rangka peningkatan mutu dan uji kompetensi guru dalam mekanisme teknis yang telah diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masing- masing daerah, yang bekerjasama dengan instansi perguruan tinggi yang kompeten, yang diakhiri dengan pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah dinyatakan memenuhi syarat dan ketentuan.

Jadi Guru yang sudah mendapat Sertifikat Pendidik berarti Guru tersebut sudah di anggap  profesional dalam menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas. Sehingga guru yang sudah mendapat Sertifikat  Pendidik diharapkan mampu membawa perubahan pendidikan menjadi pendidikan yang berkualitas baik dari segi proses maupun outputnya.

Dasar hukum program sertifikasi guru adalah UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) yang disahkan tanggal 30 Desember 2005. Yakni dalam Pasal 8 berbunyi : “Guru wajib memiliki kualitas akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional”.

Nah, itu mengenai definisi dan dasar hukum program sertifikasi guru. Untuk tahun 2017, jumlah peserta PLPG seluruh Indonesia yaitu 67.658 peserta. Peserta yang lulus PLPG berjumlah 64.227 (99,69 %), lulus UTN 19.084 (29,66 %), dan yang tidak lulus UTN sebanyak 35.886 (55,87 %). Untuk yang tidak lulus UTN tersebut diberi kesempatan untuk mengulang sebanyak 4 kali, dan UTN ulang pertama akan dilakasanakana pada tanggal 30 Januari s.d 06 Februari 2018. Oleh sebab itu persiapkan dengan baik, termasuk mempelajari kisi-kisi UKG setelah PLPG.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah melihat jadwal pelaksanaan dan mencetak kartu UTN/UKG ulang yang sudah dapat dilakukan secara mandiri oleh masing- masing peserta dimulai tanggal 21 Januari s.d 28 Januari 2018. Karena berbatas waktu, jadi Bpk/Ibu jangan sampai tertinggal informasi ini. Berikut admin berikan panduan mencetak kartu UTN/UKG ulang bagi peserta PLPG 2016 dan 2017.

  1. Silahkan masuk ke laman http://ap2sg.sertifikasiguru.id/pub/index.php
  2. Jika berhasil, klik Peserta UKG ulang.
  3. Kemudian anda diminta untuk memasukkan NUPTK, lalu klik tombol pencarian.
  4. Setelah berhasil muncul identitas dan jadwal pelaksanaan UTN/UKG ulang anda, serta TUK (Tempat Uji Kompetensi), klik “Cetak Kartu”.
  5. Siapkan printer dan kartu bisa langsung dicetak, atau jika anda ingin menyimpannya dalam bentuk file, kartu tersebut dapat di download dengan mengklik icon download.


Demikian informasi mengenai cara cetak kartu UTN/UKG ulang 1 dan 3 Tahun 2018 yang dapat admin berikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Cetak Kartu UTN/UKG Ulang 1 dan 3 Tahun 2018"

Posting Komentar