RINGKASAN MATERI PKn SMK KELAS XI SEMESTER GENAP KTSP 2006 S.K ke 4

RINGKASAN MATERI PKn SMK KELAS XI SEMESTER GENAP KTSP 2006

STANDAR KOMPETENSI : 4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi
                                                    Internasional.
KOMPETENSI DASAR      : 4.1 Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana 
                                                      hubungan internasional bagi suatu negara.
                                                4.2 Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional.
                                                4.3 Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik.
                                                4.4 Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, PBB) dalam
                                                      meningkatkan hubungan internasional.
                                                4.5 Menghargai kerja sama dan perjanjian internasional yang
                                                      bermanfaat bagi Indonesia.


BAB 4
HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN ORGANISASI INTERNASIONAL

A. HUBUNGAN INTERNASIONAL

1. Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional secara sederhana diartikan sebagai hubungan antar bangsa, baik antara negara dan negara, antara negara dan individu/badan hukum, antara warga negara yang satu dengan warga negara yang lain.
Hub. Internasional didefinisikan sebagai interaksi antara beberapa aktor yang berpartisipasi dalama politik internasional, yang meliputi negara- negara, organisasi internasional, organisasi nonpemerintah, kesatauan subnasional (kelompok atau badaan hukum dalam suatu negara, seperti birokrasi dan pemerintah domestik), serta individu- individu.
Hub. Internasional mencakup unsur- unsur ekonomi, sosial, budaya , hankam, perpindahan penduduk, pariwisata, olahraga, dan pertukaran budaya.

2. Pentingnya Hubungan Internasional
Hub. Internasional menjadi penting bagi suatu negara karena pada masa sekarang diyakini bahwa tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri. Dengan adanya hub. internasional, pencapaian tujuan negara dapat lebih mudah dilakukan dan perdamaian dunia lebih mudah diciptakan.
Kekuasaan berasal dari tiga sumber, yaitu : sumber daya (geografi, sumber daya alam, pendudk); sosio- psikologis (citra, sikap, dan harapan penduduk, kualitas kepemimpinan); serta kapasitas industri dan kesiapsiagaan militer.
Keamanan senantiasa dikatikan dengan ancaman (militer, ekonomi, politik, maupun ekologi). Perang bukanlah satu- satunya ancaman. Ada ancaman lain yang juga berpengaruh besar, seperti kelaparan, kemiskinan, penyakit menular, dan bencana alam.

3. Sarana- Sarana Hubungan Internasional
a) Diplomasi
Didefinisikan sebagai proses komunikasi antarpelaku politik internasional dan instrumen untuk mencapai tujuan kebijakan politik luar negeri suatu negara. Diplomasi biasanya dilakukan oleh kementerian luar negeri, kedutaan besar, atau konsulat yang memiliki negara.
b) Negosiasi
Negosiasi/perundingan adalah upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi antara dua negara tanpa melibatkan pihak ketiga. Perundingan yang diadakan dalam rangka bilateral disebut talk, sedangkan perundingan dalam rangka perjanjian multilateral disebut diplomatic conference. Selain secara resmi, ada juga perundingan tidak resmi yang disebut corridor talk.
c) Lobby
Lobby adalah kegiatan politik yang dilakukan untuk mempengaruhi negara tertentu dan untuk memastikan bahwa pandangan atau kepentingan suatu negara dapat tersampaikan. Tujuannya adalah agar kerja sama internasional yang dijalin satu negara dan negara lain dapat berjalan lancar.

4. Perwakilan Diplomatik
a). Makna Perwakilan Diplomatik
Adalah perwakilan resmi suatu negara, baik politis maupun nonpolitis, dalam membina hubungan antara negara yang satu dengan negara lainnya.

b). Tingkatan Perwakilan Diplomatik
Berdasarkan Kongres Wina (1815) dan Kongres Aux La Chapella (Kongres Achen) 1818, tingkatan perangkat diplomatik sebagai berikut :
   1) Duta Besar Berkuasa Penuh (ambassador), yaitu perwakilan tertinggi dalam perwakilan                        diplomatik yang memiliki kekuasaan penuh dan luar biasa.
   2) Duta (gerzant), yaitu wakil diplomatik yang pangkatnya lebih rendah dari duta besar.
   3) Menteri Residen dianggap sebagai bukan wakil pribadi kepala negara.  Menteri residen hanya              mengurus urusan negara dan tidak berhak mengadakan pertemuan dengan kepala negara                      tempatnya bertugas.
   4) Kuasa Usaha (Charge de affair), yaitu kuasa usaha yang tidak diperbantukan kepada kepala                  negara. Kuasa usaha dapat dibedakan atas kuasa usaha tetap dan kuasa usaha sementara.
   5) Atase, yaitu pejabat pembantu duta besar. Atase terdiri atas :

  • Atase pertahanan (memberikan nasihat di bidang militer dan hankam pada duta besar).
  • Atase teknis (atase perdagangan, perindustrian, pendidikan dan kebudayaan, dan bidang lain seperti pembuatan paspor dan pencatatan sipil)

c. Fungsi Perwakilan Diplomatik
Menurut Kongres Wina 1961, fungsi perwakilan diplomatik adalah :
1. Mewakili negara pengirim di dalam negara penerima.
2. Melindungi kepentingan negara penerima dan warga negaranya di negara penerima di dalam                batas- batas yang diijinkan oleh hukum internasional.
3. Mengadakan persetujuan dengan pemerintah negara penerima.
4. Memberikan keterangan tentang kondisi dan perkembangan negara penerima, sesuai UU dan              melaporkan kepada pemerintah negara pengirim.
5. Memelihara hubungan persahabatan antara kedua negara.

d. Hak Istimewa Perwakilan Diplomatik
Menurut Kongres Wina yaitu :
1. Hak Imunitas
Hak yang menyangkut pribadi seorang diplomat serta gedung perwakilannya, termasuk tidak tunduk kepada yuridiksi (hukum) di negara tempat bertugas, baik perkara perdata maupun pidana, namun dapat diusir atau dikembalikan ke negara asalnya.
2. Hak Ekstrateritorial
Hak kebebasan diplomat terhadap daerah perwakilan, termasuk halaman, bangunan, serta perlengkapannya, seperti bendera, lambang negara, dokumen, surat- surat lainnya.

0 Response to "RINGKASAN MATERI PKn SMK KELAS XI SEMESTER GENAP KTSP 2006 S.K ke 4"

Posting Komentar